1) Hubungan antar publik
Public Relations mempunyai ciri khas
inter-relasi antar publik, karena para pelaku kegiatan komunikasi Public
Relations masing-masingnya adalah publik atau dengan kata lain kedua belah pihak
yang berhubungan adalah publik (komunikatornya publik demikian juga
komunikannya).
2) Komunikasi dua arah timbal
balik
Public Relations mempunyai ciri khas
yaitu Komunikasi timbal balik sebab, tujuan Public Relations adalah menciptakan
dan meningkatkan citra yang baik dari organisasi kepada publik-publik yang berkepentingan.
Kegiatan yang dilakukan terdiri atas
penyebaran informasi, persuasi, pengkajian opini public. Tujuan yang akan
dicapai adalah tujuan organisasi dimana PR itu berada. Sasaran yang ingin hendak dituju adalah
khalayak didalam dan diluar organisasi.
Efek yang
diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan
khalayak.
3) Melekat dengan manajemen
Public Relations mempunyai ciri khas
yaitu inherent dengan manajemen. Sebabnya adalah Public Relations melekat pada
eksistensi manajemen atau dengan kata lain tidak dapatdipisahkan dari manajemen/berkaitan
dengan manajemen. Dengan demikian konsekuensinya,
dimana ada manajemen disitu ada Public Relations, begitu juga
sebaliknya ada Public Relations pasti ada manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar