Minggu, 25 Oktober 2015

Karakteristik Publik Relations atau Humas



1)  Hubungan antar publik
Public Relations mempunyai ciri khas inter-relasi antar publik, karena para pelaku kegiatan komunikasi Public Relations masing-masingnya adalah publik atau dengan kata lain kedua belah pihak yang berhubungan adalah publik (komunikatornya publik demikian juga komunikannya).

2)  Komunikasi dua arah timbal balik
Public Relations mempunyai ciri khas yaitu Komunikasi timbal balik sebab, tujuan Public Relations adalah menciptakan dan meningkatkan citra yang baik dari organisasi kepada publik-publik yang berkepentingan.
Kegiatan yang dilakukan terdiri atas penyebaran informasi, persuasi, pengkajian opini public. Tujuan yang akan dicapai adalah tujuan organisasi dimana PR itu berada. Sasaran yang ingin hendak dituju adalah khalayak didalam dan diluar organisasi. Efek yang diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan khalayak.

3)  Melekat dengan manajemen
Public Relations mempunyai ciri khas yaitu inherent dengan manajemen. Sebabnya adalah Public Relations melekat pada eksistensi manajemen atau dengan kata lain tidak dapatdipisahkan dari manajemen/berkaitan dengan manajemen.  Dengan  demikian  konsekuensinya,  dimana  ada  manajemen disitu ada Public Relations, begitu juga sebaliknya ada Public Relations pasti ada manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar